Sabtu, 28 Januari 2012

Ihsan Iman Islam


Umar bin Alkhaththab r.a. berkata : Ketika kami duduk disisi Nabi s.a.w. pada suatu hari tiba-tiba menjelang seorang laki-laki yang sangat putih pakaiannya, sangat hitam rambutnya, tidak terlihat padanya bekas pepergian, dan tiada seorangpun diantara kami yang mengenalnya, sehingga duduk kedekat Nabi s.a.w. dan merapatkan lututnya kelutut Nabi s.a.w. lalu meletakkan kedua tangannya diatas pahanya, lalu bertanya : Ya Muhammad beritakan kepadaku Islam ? Jawab Nabi s.a.w. : Islam itu :
1.    Percaya bahwa tiada Tuhan kecuali Allah, dan bahwa nabi Muhammad utusan Allah.
2.    Mendirikan sembahyang.
3.    Mengeluarkan zakat.
4.    Puasa bulan Ramadhan.
5.    Pergi hajji kebaitullah jika kuasa perjalanannya.
Berkatalah orang itu : Benar engkau.
Umar berkata : Kami merasa heran ia bertanya tetapi ia membenarkan seakan-akan ia telah mengetahui.
Lalu bertanya pula : Beritakan kepadaku tentang Iman ? Jawab Nabi s.a.w. : Iman yalah percaya pada Allah, dan MalaikatNya, dan kitab-kitabNya, dan nabi-nabi utusanNya, dan hari kemudian (qiyamat), dan percaya pada ketentuan takdir yang baik dan buruk (dari Allah ta’ala). Ia berkata : Benar engkau.
Maka beritakan kepadaku tentang Ihsan ? Jawab Nabi s.a.w. : Ihsan jika engkau menyembah kepada Allah seakan-akan melihatNya, maka jika tidak dapat melihatNya, ketahuilah bahwa Allah melihat engkau.
Ia berkata : beritakan padaku bilakah hari qiyamat ? jawab Nabi s.a.w. : Yang ditanya tentang hari qiyamat itu tidak lebih mengetahui dari yang bertanya.
Lalu Ia berkata : Beritakan padaku tanda-tandanya ? Jawab Nabi s.a.w. : Jika ibu (budak) telah melahirkan majikannya (Ya’ni ibu sudah dianggap sebagai budak oleh anak), dan orang-orang yang biasa telanjang kaki dan pakaian, yang bagaikan telanjang dan biasa miskin, penggembala kambing tiba-tiba mereka berlomba-lomba membangun gedung.
Kemudian ia pergi.
Umar berkata : Maka aku tinggal tercengang (terdiam sejenak), kemudian Nabi s.a.w. berkata : Hai Umar tahukah engkau siapakah penanya tadi itu ? Jawabku : Allah dan Rasulullah yang lebih mengetahui.
Maka sabda Nabi s.a.w. : Itu malaikat Jibril datang kepada kamu untuk megajarkan agamamu.
(H.R. Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar